10+ Penyebab Hp Xiaomi Mati Total dan Cara Mengatasinya

Apa penyebab hp Xiaomi mati total? Ada beragam faktor yang bisa menyebabkan smartphone matot alias mati total. Kalian wajib mengetahui apa penyebabnya agar smartphone bisa kembali dihidupkan. Nah untuk mengetahui apa saja penyebab hp Xiaomi mati total silahkan simak informasi xiaomidev.com berikut ini.

Penyebab kerusakan smartphone bisa bermacam-macam. Ada yang sepele, ada pula yang berat. Jika penyebab kerusakan tergolong berat maka biasanya perlu penggantian komponen agar smartphone bisa kembali normal.

Apabila smartphone mati total maka yang dipertaruhkan adalah data yang ada didalamnya. Sebab data tidak akan bisa dibackup selama hp dalam keadaan mati. Jika tersimpan di microSD tentu tidak jadi masalah, namun terkadang ada data penting yang tersimpan di memori internal.

Langkah pertama saat hp tidak bisa dihidupkan adalah jangan panik. Periksa terlebih dahulu apa yang menyebabkan hp mati total. Setelah itu tinggal mencoba memperbaikinya. Lalu apa saja penyebab hp Xiaomi mati total? Bagi yang penasaran silahkan simak di bawah ini.

Penyebab Hp Xiaomi Mati Total

Penyebab hp Xiaomi Mati Total

1. Terkena Air

Air menjadi musuh utama semua perangkat elektronik. Sebab air bisa menyebabkan korsleting yang membuat komponen mengalami kerusakan. Hal tersebut juga berlaku untuk smartphone Xiaomi.

Ada banyak sekali kasus hp Xiaomi mati total karena terkena air. Sebenarnya kerusakan tersebut dapat dicegah, asalkan mengetahui bagaimana cara mengatasi hp Xiaomi yang terkena air. Namun apabila penangannya terlambat maka besar kemungkinan akan menyebabkan mati total.

BACA JUGA :   Cara Cek Sensor Kamera HP Xiaomi (No Root& Mudah)

Sayangnya sampai saat ini Xiaomi belum pernah sekalipun meluncurkan hp Android yang memiliki sertifikat IP68. Alhasil semua smartphone Xiaomi tidak memiliki ketahanan terhadap air dan debu.

Beberapa tipe memang sudah memiliki seritifkat IP53 seperti Xiaomi Poco X3. Namun sertifikat tersebut hanya sebatas untuk melindungi smartphone dari cipratan air saja.

Nah agar smartphone tidak mati total karena terkena air maka kalian harus selalu hati-hati saat menggunakan smartphone. Jangan letakan smartphone pada tempat yang mudah terkena air dan selalu lindungi smartphone dari hujan.

2. Gagal Flashing

Banyak pengguna hp Xiaomi yang nekat melakukan flashing sendiri tanpa mengikut instruksi flashing secara benar. Alhasil smartphone mengalami gagal flashing yang menyebabkan Hardbrick.

Apabila mengalami hardbrick maka bisa menyebabkan smartphone mati total. Selain karena flashing, hardbrick juga sering terjadi karena kesalahan menginstal custom rom dan kernel Corrupt.

Nah yang jadi pertanyaan, apakah smartphone yang gagal flashing dapat diperbaiki? Sebenarnya masih bisa, namun kalian harus mencari teknisi yang berpengalaman atau datang langsung ke service center resmi Xiaomi.

3. Baterai Sudah Rusak

Baterai menjadi salah satu komponen terpenting pada sebuah smartphone. Apabila rusak, maka baterai tidak bisa menyimpan daya yang otomatis membuat smartphone mati. Inilah yang menjadi salah satu penyebab hp Xiaomi mati total.

Cara mengatasinya cukup mudah, Mi Fans cukup membeli baterai baru. Pastikan baterai yang dibeli merupakan baterai original agar awet dan bisa menyimpan daya dengan sempurna. Adapun harganya silahkan simak informasi berikut “Harga Baterai Hp Xiaomi

4. Konektor Baterai Rusak

Contoh Gambar Konektor Baterai Xiaomi

Fungsi konektor baterai adalah untuk menghubungkan bateari dengan mainboard. Apabila komponen ini mengalami kerusakan maka secara otomatis smartphone tidak bisa hidup.

BACA JUGA :   Cara Internetan Gratis Mode Pesawat di HP Xiaomi

Cara mengatasinya adalah dengan mengganti konektor baterai yang rusak. Namun sebelum itu anda harus melakukan pengecekan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab hp Xiaomi mati total.

Bisa saja penyebabnya bukan berasal dari konektor baterai, namun masalah lainnya seperti yang kami sampaikan di atas.

5. IC Power Rusak

Contoh Gambar IC Power Xiaomi

Fungsi IC Power pada hp Xiaomi adalah untuk membagikan tegangan baterai yang masuk ke setiap komponen smartphone. Tak jarang IC Power mengalami kerusakan sehingga membuat hp Xiaomi mati total.

IC Power yang rusak wajib diganti agar hp Xiaomi yang mati total bisa kembali hidup secara normal. Kami sarankan untuk melakukan perbaikan di service center resmi agar pemasangannya dapat dilakukan oleh teknisi yang ahli dan berpengalaman.

6. Tombol Power Rusak

Penyebab hp Xiaomi mati total ini cukup sepele. Meskipun begitu, smartphone tidak akan bisa hidup apabila tombol power mengalami kerusakan. Cara mengecek apakah tombol power rusak atau tidak sangatlah gampang. Kalian cukup mencolokan smartphone ke charger dan lihat apakah pengisian baterai berjalan atau tidak.

Apabila pengisian baterai berjalan, namun smartphone tidak bisa dihidupkan maka kami pastikan tombol power mengalami kerusakan. Cara mengatasinya cukup dengan memperbaiki tombol power. Apabila tidak bisa diperbaiki kami sarankan untuk menggantinya dengan yang baru.

7. Overheat

Overheat atau panas berlebih sering terjadi pada smartphone Xiaomi yang secara terus menerus bekerja terlalu ekstra seperti ketika bermain game ataupun render video. Overheat sangatlah berbahaya. Sebab hal tersebut bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen yang ada di dalam smartphone.

Tak jarang ada kasus hp Xiaomi mati total dikarenakan kasus overheat. Agar tidak mengalami hal tersebut, kami sarankan untuk menggunakan smartphone secara normal. Apabila dirasa sudah terlalu panas maka lebih baik istirahan terlebih dahulu dan menunggu sampai smartphone dingin kembali.

BACA JUGA :   0812 Kartu Apa Dan Wilayah Mana ? (Penjelasan)

8. Umur Smartphone Terlalu Tua

Yang namanya perangkat elektronik pasti memiliki umur dan masa pakai. Hal yang sama juga berlaku untuk hp Xiaomi. Apabila umur smartphone terlalu tua maka kemungkinan ada beberapa komponen yang sudah mulai rusak sehingga bisa menyebabkan hp Xiaomi mati total.

Jika smartphone jarang dipakai mungkin baik-baik saja. Namun lain cerita untuk smartphone yang digunakan setiap hari untuk bermain game, multitasking banyak aplikasi, dan pekerjaan berat lainnya.

9. Charger Rusak

Sebelum memutuskan apakah smartphone mati total atau tidak, silahkan cek terlebih dahulu charger yang digunakan. Bisa saja penyebab hp Xiaomi mati total adalah karena charger yang rusak sehingga tidak bisa mengisi baterai.

Kami sarankan untuk menggunakan charger lain terlebih dahulu, lalu cek apakah baterai terisi atau tidak. Apabila baterai tetap tidak terisi maka besar kemungkinan penyebab hp Xiaomi mati total adalah karena faktor di bawah ini.

10. Port USB Rusak

Cara mengisi baterai hp Xiaomi adalah dengan menghubungkan kabel charger ke port USB. Nah apabila port USB rusak maka secara otomatis proses pengisian baterai tidak akan berhasil. Inilah yang sering kali menjadi penyebab hp Xiaomi mati total.

Baca Juga Informasi Artikel Lainnya
Cara Screenshot Panjang Xiaomi Cara Instal GCAM Di Xiaomi
Game FPS Android Terbaik Game RPG Android Terbaik

Nah demikianlah beragam penyebab hp Xiaomi mati total. Mungkin ada beberapa penyebab lainnya. Namun kebanyakan kasus hp Xiaomi mati total dikarenakan penyebab di atas. Cukup sekian informasi xiaomidev.com pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *