Penyebab Hp Xiaomi Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

Xiaomidev.com – Ada yang pernah mengalami hp Xiaomi mati sendiri? Bagi kalian yang pernah mengalaminya, maka wajib mencari penyebabnya. Smartphone yang mati dengan sendirinya memang sangat menjengkelkan. Sebab masalah tersebut akan menggangu aktivitas saat mengoperasikan smartphone.

Terlebih jika sedang asyik-asyiknya bermain game online, eh handphone mati dengan sendirinya. Tentu masalah tersebut akan sangat menyebalkan. Terlebih jika hal yang sama terjadi berulang kali dan kita tidak mengetahui apa penyebabnya.

Penyebab hp Xiaomi Mati Sendiri

Penyebab Hp Xiaomi Mati Sendiri

Apa sih penyebab hp Xiaomi mati sendiri? Untuk menjawab pertanyaan dari para Mi Fans diseluruh Indonesia, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai penyebab hp Xiaomi sering mati sendiri serta cara mengatasinya. Nah untuk mengetahui apa saja penyebabnya, silahkan simak informasi berikut.

1. Terlalu Panas (Over Heat)

Salah satu penyebab hp Xiaomi mati sendiri adalah karena panas berlebih atau sering disebut sebagai overheat. Masalah ini tidak hanya tersedia pada hp Xiaomi saja, namun juga merk lain seperti Samsung, Vivo, Oppo, Realme, dll. Lalu yang jadi pertanyaan, apakah yang menyebabkan handphone mengalami overheat?

Overheat biasanya terjadi karena komponen hardware bekerja terlalu keras saat menjalankan game dan aplikasi berat sehingga menimbulkan panas berlebih. Jenis processor yang digunakan hp Xiaomi juga sangat berpengaruh terhadap panas yang ditimbulkan. Sebagai contoh adalah processor Snapdragon 820 yang dikenal sangat panas.

BACA JUGA :   Cara Cek Touchscreen Xiaomi Yang Rusak Termudah

Untuk mengatasi overheat yang menjadi penyebab hp Xiaomi mati sendiri, kami sarankan untuk mengatur durasi menggunakan handphone. Apabila dirasa handphone sudah terlalu panas, lebih baik mengistirahatkannya terlebih dahulu sampai handphone benar-benar adem.

2. Kapasitas Memori Internal Habis

Memori internal tidak hanya digunakan untuk menyimpan aplikasi dan game saja, namun juga file system operasi Android. Apabila sisa memori internal terlalu sedikit, maka bisa mengakibatkan handphone lemot. Lebih parahnya lagi hp Xiaomi bisa mati sendiri karena tidak ada sisa memori yang bisa digunakan.

Kami sarankan untuk menyisakan memori internal sekitar 1GB agar performa handphone tetap terjaga dan bisa terhindar dari hp Xiaomi mati sendiri. Untungnya saat ini rata-rata hp Xiaomi memiliki memori internal yang sangat besar, mulai dari 16GB sampai 512GB.

3. Kapasitas Ram Habis

Semakin banyak kita menjalankan aplikasi Android, maka kapasitas Ram semakin berkurang. Nah apabila kapasitas Ram habis karena terlalu banyak menjalankan aplikasi berat, maka bisa mengakibatkan hp Xiaomi sering mati sendiri.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kami sarankan untuk mengurangi aplikasi yang berjala pada background process dan langsung mematikan aplikasi yang sudah tidak dibutuhkan agar tidak berjalan di background process.

4. Kesalahan Flashing & Root

Bagi yang hobi ngoprek hp Xiaomi pasti sering menginstal beragam ROM dan melakukan rooting. Namun kesalahan menginstal ROM dan root bisa mengakibatkan hp mati sendiri. Oleh karena itulah pastikan menginstal ROM dengan benar, sesuai petujuk yang diberikan oleh pembuat ROM.

Apabila ingin root juga harus hati-hati dan mengikuti setiap produsedur root dengan benar. Kesalahan root sering kali membuat handphone tetap nyala, namun nantinya akan membuat sistem mengalami kerusakan sehingga mengakibatkan hp Xiaomi mati dengan sendirinya.

BACA JUGA :   Cara Minimize Youtube Di Xiaomi Terbaru 2020

5. Ada Virus Atau Malware

Jangan sepelekan virus dan malware yang menginfeksi aplikasi ataupun sistem hp Xiaomi. Sebab viru dan malware bisa menjadi penyebab hp Xiaomi mati sendiri. Untuk mencegah hal tersebut, kami sarankan untuk jangan menginstal aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya dan hindari menginstal aplikasi dari pihak tidak resmi.

Apabila sudah terlanjur terkena virus dan hp Xiaomi sering mati sendiri, maka langkah yang bisa dilakukan adalah dengan menguninstal aplikasi yang disinyalir menjadi penyebab virus atau malware. Apabila tidak manjur juga, maka kalian bisa melakukan hard riset atau flashing ulang.

6. Belum Melakukan Update Software

Xiaomi selalu rutih mengeluarkan update perangkat lunak (software) pada semua perangkat miliknya. Fungsi update software adalah untuk menutup bug pada sistem yang sering kali mengakibatkan baterai boros, smartphone lemot, ataupun menjadikan hp Xiaomi sering mati sendiri.

Nah apabila ada pemberitahuan update software, kami sarankan untuk langsung menginstal update tersebut demi menjaga performa smartphone dan agar terhindar dari masalah seperti hp Xiaomi sering mati sendiri ataupun masalah lainnya.

Cara Mengatasi Hp Xiaomi Mati Sendiri

Cara Mengatasi Hp Xiaomi Mati SendiriNah itulah beragam masalah yang menjadi penyebab hp Xiaomi mati sendiri. Setelah mengetahui penyebabnya, maka kita tinggal mengatasinya. Ada beberapa cara mengatasi hp Xiaomi mati sendiri yang bisa kalian simak di bawah ini.

  1. Unistal aplikasi yang menjadi penyebab hp Xiaomi mati sendiri. Kami sarankan untuk menginstal aplikasi yang resmi saja, karena aplikasi non-resmi bisa menimbulkan virus atau malware yang menjadi penyebab smartphone Xiaomi sering mati sendiri
  2. Factory Reset menjadi cara paling ampuh untuk mengatasi hp Xiaomi mati sendiri. Pasalnya factory reset akan mengembalikan pengaturan hp Xiaomi menjadi seperti baru lagi dan mengapus semua aplikasi dan file yang tersimpan didalam smartphone. Namun sebelum melakukan factory riset, kami sarankan untuk membackup data-data penting terlebih dahulu.
  3. Dari informasi di atas juga dapat kita simpulkan bahwa cara mengatasi hp Xiaomi sering mati dengan adalah dengan mengatur durasi pemakaian smartphone. Lebih baik jangan bermain game terlalu lama sehingga tidak memunculkan panas berlebih yang menjadikan overheat.
  4. Selalu update software dan mengupdate pembaharuan perangkat lunak merupakan solusi paling tepat untuk mengatasi hp Xiaomi sering mati sendiri. Sebab salah satu penyebab hp Xiaomi mati sendiri adalah karena masalah pada software dan system sehingga harus selalu di update agar bisa mengatasinya
BACA JUGA :   Cara Lock 4G Xiaomi Semua Tipe Paling Mudah

Seperti yang kalian lihat di atas, cara mengatasi hp Xiaomi mati sendiri memang cukup mudah. Namun apabila sudah mencoba cara di atas dan tidak manjur, maka kami sarankan untuk datang ke service center Xiaomi terdekat atau menghubungi call center Xiaomi untuk klaim garansi yang caranya bisa kalian simak pada artikel sebelumnya.

Baca Juga Informasi Artikel Lainnya
Cara Internet Gratis XiaomiCara Klaim Garansi Xiaomi
Cara Mengapus Akun MI TerkunciCara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi

Nah demikianlah informasi mengenai cara mengatasi dan penyebab hp Xiaomi mati sendiri. Semoga informasi xiaomidev.com di atas bermanfaat bagi para MI Fans yang mengalami masalah hp Xiaomi mati dengan sendirinya. Jangan lupa simak pula tips seputar Xiaomi lainnya, hanya di xiaomidev.com.

About the Author:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *