7 Penyebab HP Xiaomi Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Xaomidev.com – Ada banyak sekali penyebab hp Xiaomi cepat panas. Untuk mengatasi masalah tersebut, sobat Mi Fans harus mengetahui penyebabnya. Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan smartphone cepat panas. Sebagai pengguna hp Xiaomi, anda wajib mengetahui apa saja penyebabnya.

Smartphone yang cepat panas akan menggangu kenyamanan mengoperasikan smartphone. Terlebih jika digunakan untuk pekerjaan berat, seperti bermain game, rendering video, maupun yang lainnya.

Tidak semua tipe hp Xioami memiliki permasalahan cepat panas. Ada beberapa tipe yang memiliki performa lebih stabil karena didalamnya tersedia sistem pendingin khusus yang akan menjaga smartphone tetap stabil dan terhindar dari panas berlebih.

Sejatinya smartphone merupakan perpaduan antara software dan hardware. Apabil ada yang tidak beres maka bisa mengakibatkan hp cepat panas. Masih ada beragam penyebab lainnya dan untuk mengetahui apa saja penyeba hp Xiaomi cepat panas silahkan simak informasi xiaomdev.com berikut ini.

Penyebab HP Xiaomi Cepat Panas

Penyebab hp Xiaomi Cepat Panas

1. Sinyal Lemah

Sinyal yang lemah dan tidak stabil menjadi salah satu penyebab hp Xiaomi cepat panas. Untuk mengatasi masalah tersebut, kami sarankan untuk menggunakan provider seluler yang memiliki kualitas jaringan lebih baik. Selain itu, Mi Fans bisa mengaktifkan Mode Pesawat agar smartphone tidak bekerja secara terus menerus untuk mencari sinyal yang bisa mengakibatkan baterai cepat panas dan cepat habis.

2. Masalah Pada Hardware

Seperti yang kita ketahui bersama, setiap tipe hp Xiaomi memiliki spesifikasi berbeda-beda. Ada beberapa tipe yang memiliki masalah pada hardware sehingga mengakibatkan smartphone cepat panas saat dipakai menjalankan pekerjaan berat, seperti bermain game online ataupun menjalankan banyak aplikasi.

BACA JUGA :   Cara Menghidupkan Hp Xiaomi Tanpa Tombol Power Terbaru 2020

Yah, kinerja processor akan menentukan apakah hp Xiaomi cepat panas atau tidak. Ada baiknya terlebih dahulu mengecek spesifikasi hp Xiaomi sebelum membelinya agar mendapatkan smartphone Xiaomi yang tidak cepat panas dan bisa bekerja secara stabil saat dipakai bermain game.

3. Banyak Aplikasi yang Berjalan pada Background

Penyebab hp Xiaomi cepat panas selanjutnya adalah karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang atau background. Hal ini menjadikan smartphone bekerja terlalu berat karena sebagian besar kapasitas Ram termakan oleh aplikasi yang berjalan di Background. Alhasil smartphone akan terasa cepat panas.

Ada baiknya menghapus aplikasi yang tidak penting untuk mengurangi aplikasi yang berjalan pada background. Semakin sedikit aplikasi, tentu semakin baik. Namun apabila memiliki hp Xiaomi Ram 8GB menurut kami tidak terlalu jadi masalah karena manajemen memorinya jauh lebih baik dibanding hp Xiaomi Ram 4GB ke bawah.

4. Kecerahan Layar Terlalu Tinggi

Semakin tinggi kecerahan layar maka semakin besar daya baterai yang dikeluarkan sehingga membuat baterai terasa panas dan boros. Nah, agar hp Xiaomi tidak cepat panas kami sarankan untuk mengaktifkan fitur brightness otomatis melalui menu Settings. Setelah fitur tersebut aktif maka kecerahan layar dapat diatur secara otomatis sesuai dengan kondisi cayaha sekitar.

5. Bermain Game Terlalu Lama

Hampir semua pengguna hp Xiaomi hobi bermain game. Terlebih rata-rata smartphone Xiaomi dilengkapi spesifikasi mumpuni yang siap digunakan untuk menjalankan berbagai macam game, baik itu offline maupun online.

Semua komponen hardware akan bekerja secara bersamaan untuk menghasilkan performa gaming yang smooth dan lancar. Namun jika terlalu lama bermain game maka kinerja hardware akan terlalu terbebani sehingga membuat hp Xiaomi terasa cepat panas.

BACA JUGA :   Cara Masuk Mode Recovery Xiaomi Di Semua Type (Paling Lengkap)

6. Menggunakan Hp Sambil di Charger

Menggunakan smartphone sambil dicas sebenarnya cukup berbahaya. Dampak yang paling ringan adalah hp terasa panas. Sebab ada aliran listrik yang masuk ke dalam baterai sehingga menimbulkan panas saat dicas.

Ada baiknya menggunakan smartphone setelah baterai penuh. Apabila terlalu sering menggunakan hp sambing di charge hanya akan membahayakan kesehatan baterai. Ujung-ujungnya baterai cepat rusa dan ngedrop.

7. Software Belum Update

Tak jarang ada bug yang membuat hp Xiaomi cepat panas. Untuk mengatasi bug tersebut, Xiaomi selalu memberikan pembaharuan sistem atau update software untuk mengatasi setiap masalah pada smartphone Xiaomi.

Jangan ragu update software apabila ada pemberitahuan terbaru.Siap tahu update yang diberikan bisa mengatasi masalah hp Xiaomi cepat panas ataupun masalah lainnya yang mengganggu kinerja sistem.

Baca Juga Informasi Artikel Lainnya
Cara Blur Aplikasi HP XiaomiPenyebab Hp Xiaomi Mati Sendiri

Nah demikianlah informasi singkat mengenai penyebab hp Xiaomi cepat panas dan cara mengatasinya. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat bagi Mi Fans yang mengalami masalah smartphone cepat panas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *