Kenapa Hp Xiaomi Tiba-Tiba Mati? Inilah 6 Penyebabnya

Xiaomidev.com – Ada banyak pengguna hp Xiaomi yang mengalami masalah hp tiba-tiba mati. Masalah tersebut tentu ada penyebabnya. Anda wajib mengetahui penyebab hp Xiaomi tiba-tiba mati agar bisa mengatasi masalah tersebut secara mudah dan tidak memperparah kondisi smartphone.

Sudah banyak kasus hp Xiaomi tiba-tiba mati yang berujung smartphone mati total. Masalah ini harus segera diatasi agar bisa kembali menggunakan smartphone secara nyaman tanpa perlu khawatir smartphone tiba-tiba mati di saat penting.

Smartphone yang tiba-tiba mati tentu sangat menyebalkan. Terlebih saat smartphone sedang digunakan untuk hal-hal penting, seperti meeting online, telepon, ataupun bermain game online.

Tidak semua smartphone Xiaomi mengalami masalah ini. Namun ada baiknya kalian mengetahui penyebab hp Xiaomi agar bisa terhindar dari masalah serupa. Nah untuk mengetahui apa saja penyebabnya, silahkan simak informasi yang dirangkum redaksi xiaomidev.com berikut ini.

Penyebab hp Xiaomi Mati-Mati Sendiri

Penyebab hp Xiaomi Tiba Tiba Mati

1. Smartphone Overheat

Penyebab utama hp Xiaomi tiba-tiba mati adalah karena overheat atau panas berlebih. Biasanya hal ini terjadi karena smartphone digeber habis-habisan untuk bermain game dalam waktu lama maupun menjalankan aplikasi yang berat.

Panas akan timbul dari bagian baterai, kemudian menjalar ke komponen hardware lainnya. Untuk mencegah kerusakan lebih lanjut maka smartphone akan secara otomatis restart atau bisa dikatakan tiba-tiba mati.

2. Baterai Sudah Rusak

Baterai merupakan inti dari sebuah smartphone. Tanpa adanya baterai maka smartphone tidak bisa dihidupkan. Namun terkadang kondisi baterai sudah mulai ngedrop sehingga menyebabkan hp Xiaomi tiba-tiba mati meski daya baterai masih beberapa persen.

BACA JUGA :   0821 Kartu Perdana Apa & Wilayah Mana ?

Baterai yang ngedrop wajib diganti agar tetap bisa bertahan lama dan bisa mencegah hp mati dengan sendirinya. Nah bagi yang ingin mengganti baterai hp Xiaomi silahkan simak informasi berikut “Harga Baterai Xiaomi Original“.

3. Bug Pada Sistem Operasi

Xiaomi selalu memberikan update sistem operasi untuk mengoptimalkan performa dan menutupi bug yang terjadi pada sistem operasi. Tak jarang ada bug yang menyebabkan hp Xiaomi tiba-tiba mati. Namun biasanya Xiaomi akan segera mengatasi masalah tersebut dengan merilis update terbaru.

Kami sarankan untuk selalu melakukan update apabila ada pemberitahuan update terbaru. Kami yakin update yang diberikan akan mengoptimalkan performa smartphone dan bisa mencegah bug-bug yang terjadi pada sistem operasi smartphone Xiaomi.

4. Virus

Hp Xiaomi yang tiba-tiba mati juga bisa disebabkan oleh virus. Yah, smartphone Android memang bisa terkena virus. Untuk mencegah hal tersebut, kami sarankan untuk menginstal anti virus yang sudah terbukti ampuh dalam melindungi smartphone dari serangan virus.

Ada banyak sekali anti virus yang bisa kalian gunakan. Kami sendiri merekomendasikan AVG Anti Virus yang bekerja cukup ringan sehingga tidak mengurangi performa smartphone. Selain itu, kalian juga bisa mencoba anti virus lainnya, seperti Avast, Avira, Bitdefender, dll.

5. Memori Internal Habis

Satu lagi penyebab hp Xiaomi tiba-tiba mati, yakni karena kehabisan memori internal. Hal tersebut bisa terjadi karena memori internal akan menyimpan beragam file system yang apabila habis maka membuat sistem menjadi tidak stabil.

Ada baiknya menyisakan memori internal minimal 1GB untuk menjaga performa smartphone dan mencegah smartphone tiba-tiba mati. Kalian bisa menyimpan file berukuran besar di memori eksternal sehingga kapasitas memori internal tetap tersedia.

BACA JUGA :   Cara Transfer Pulsa Telkomsel Terbaru 2021

6. Smartphone Rusak

Apabil penyebab smartphone Xiaomi tiba-tiba mati di atas tidak ada yang sesuai maka berarti smartphone mengalami kerusakan. Kami sarankan untuk melakukan perbaikan di service center resmi Xiaomi agar bisa diperbaiki oleh teknisi yang sudah berpengalaman.

Saat ini Xiaomi sudah memiliki service center yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk mengetahui lokasinya silahkan simak informasi berikut “Alamat Service Center Xiaomi“. Setelah melakukan perbaikan maka smartphone akan kembali normal dan bisa digunakan secara nyaman.

Kenyamanan menggunakan smartphone merupakan suatu hal yang sangat penting. Oleh karena itulah kita harus segera mengatasi masalah hp Xiaomi yang tiba-tiba mati agar bisa kembali menggunakan smartphone dengan nyaman.

Baca Juga Artikel Lainnya
Cara Mengatasi Hp Mati Sendiri Cara Menyembunyikan Aplikasi 

Nah itulah beberapa penyebab yang sering kali membuat handphone Xiaomi tiba-tiba mati dengan sendirinya. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas bisa menjadi referensi untuk mengatasi masalah smartphone Xiaomi tiba-tiba mati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *