Cara Menghemat Baterai Xiaomi Paling Efektif Di 2019

Cara Menghemat Baterai Xiaomi – Kapasitas baterai sembuah semartphone ibarat nyawa bagimana tidak sebagus apapun perfoma HP jika baterainya habis maka sudah tidak bisa digunakan. Oleh karena itu lah membuat para Developers smarphone berlomba-lomba membuat HP dengan baterai dan juga fitur pelengkapnya yang mempuni. Hal tersebut juga berlaku pada HP Xiaomi terbaru yang sudah dibekali dengan baterai dengan kapasitas besar.

Pada umumnya baterai HP Xiaomi memang sudah cukup besar dibandingkan dengan HP merek lainnya. Pada Umumnya Xiaomi Terbaru dibekali dengan baterai dengan kapasitas 4.000 mAh keatas. Selain itu fitur pengisian cepat juga sudah ada pada HP Xiaomi dan rata-rata sudah dibekali dengan fitur pengisian cepat 15W. Namun sayangnya charger bawaan belum mendukung fitur itu sehingga untuk bisa memaksimalkannya Mi Fans perlu membelinya secara terpisah.

Berbicara menggenai peroma Baterai pada HP Xiaomi jelas saja ada beberapa faktor yang membuat baterai tersebut memilik daya tahan yang lama. Salah satunya adalah umur baterai dan kesehatan baterai, dimana semakin tua baterai maka akan semakin boros baterai tersebut. Namun faktor yang mempengaruhi lainnya adalah cara penggunaan. Jika untuk penggunaan berat seperti bermain GAME HD terus menerus jelas akan membuat baterai semakin boros.

Pentingnya baterai pada smartphone harus di mengerti para Mi Fans sehingga membuat mi fans untuk bisa menjaga kesehatan baterai. Apalagi baterai HP Xiaomi yang mayoritas merupakan baterai tanam, pastinya akan sulit untuk orang awam mengganti baterai tersebut. Selain itu membutuhkan biaya tambahan untuk mengganti perangkat HP yang rusak. Untuk mencegah hal tersebut alangkah baiknya mi fans menjaga baterai, berikut adalah tips selengkapnya.

BACA JUGA :   HP Xiaomi Harga 3 Jutaan Terbaik & Terbaru 2019

Cara Menghemat Baterai Xiaomi

Cara Menghemat Baterai Xiaomi

1. GPS, WiFi Dan Bluetooth Matikan

Langkah yang cukup efektif untuk menghemat baterai adalah dengan mematikan GPS, WIFI dan Bluetooth jika sudah tidak digunakan. Jika mi fans masih mengaktifkan fitur tersebut maka otomatis perangkat akan terus mencari-cari sesuai dengan kegunaannya. Fitur tersrbut juga merupakan salah satu fitur yang biasanya lupa untuk dimatikan setelah digunakan.

2. Kecerahan HP

Cara Menghemat Konsumsi baterai di ponsel Xiaomi selanjutnya adalah dengan mengatur kecerahan HP. Dimana cara ini sangatlah berguna, semakin besar kecerahan HP maka akan semakin tinggi juga konsumsi baterainya. Dalam hal ini mi Fans juga bisa menggunakan fitur automatis kecerahan yang ada atau bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

3. Aktifkan Fitur Sleep Display

Meskipun sudah banyak yang tahu kalau Hp xiaomi sudah dibekali dengan fitur sleep display namun belum banyak Mi Fans yang menggunakannya. Fitur sleep display sendiri merupakan fitur yang memiliki kemampuan mematikan HP pada jam-jam tertentu. Fitur ini sangat berguna untuk menghemat konsumsi baterai.

4. Nyalakan Power Saving

Caranya menggunakan fitur power saving adalah masuk ke menu Security kemudian pilih Power lalu Battery Saver, dan Switch ON Battery Saver untuk MIUI 10. Power saving sendiri akan membuat HP hanya bisa menjalankan aplikasi ringan saja, aplikasi yang terhubung juga bukan merupakan aplikasi yang terkoneksi dengan internet. Power saving juga akan meredupkan layar Smartphone Xiaomi.

5. Menonaktifkan Suara

Banyak yang belum tahu kalau suara yang keluar dari HP juga akan membuat konsumsinya menjadi boros. Untuk mengatasi hal ini mi fans bisa menggunakan mode getar pada HP nya. Selain itu mi fans juga bisa menggunakan dering dan menggunakan suara dengan volume rendah untuk menghemat konsumsi baterai.

BACA JUGA :   HP Xiaomi 2 Jutaan Terbaik 2019 : TERBARU

6. Bersihkan File

Terlalu banyak File sampah pada perangkat HP juga akan membuatnya memiliki konsumsi baterai yang boros. Apalagi jika HP mi fans sudah kehabisan memori internal pastinya akan membuat kinerja smartphone menjadi lebih berat. Dengan kinerja berti ini lah yang otomatis akan membuat HP memiliki konsumsi baterai yang boros.

7. Auto Close Aplikasi

Jika ingin menghemat konsumsi baterai HP Xiaomi maka langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan fitue auto close aplikasi. Fitur yang ada di pengaturan baterai ini sangat bermanfaat bagi mi fans yang tidak ingin menjalankan multitasking smartphone. Fitur ini sudah ada sejak MIUI pertama namun belum banyak digunakan.

8. Instal Aplikasi Yang Perlu

Cara selanjutnya adalah dengan menginstal aplikasi yang perlu saja. Dimana dengan menginstal aplikasi yang perlu jelas akan membuat kinerja smartphone menjadi lebih ringan. Apalagi untuk beberapa aplikasi yang membutuhkan konskivitas internet tinggi seperti WA, Instagram, Facebook dan berbagai jejaring sosial lainnya. Aplikasi yang sering memberikan POP UP ini lah yang sangat rentang membuat HP mengalami konsumsi baterai yang boros.

9. Scrensaver Non Aktifkan

Jika tidak terlalu di perlukan maka mi fans juga perlu menonaktifkan screensaver pada HP xiaominya. Screen saver memang membuat HP lebih keren namun resikonya adalah konsumsi baterainya yang menjadi lebih berkurang.

10. Nonaktiflkan Location Service Di Akun Google

Tanpa sadar masih ada lagi yang memiliki kinerja seperti GPS pada ponsel yang harus di nonaktifkan saat akan melakukan penghematan konsumsi baterai. Di akun Google ada fitur location service dimana fitur ini akan bekerja sepanjang hari memberikan informasi lokasi. Meskipun fitur ini sangat bergyuna jika HP Xiaomi Hilang namun kinerjanya sepanjang hari membuatnya memakan banyak baterai.

BACA JUGA :   Cara Cek Power Bank Xiaomi Asli Atau Palsu

11. Gunakan Charger Original

Cara Menghemat baterai selanjutnya adalah dengan menggunakan charger original. Dimana dengan menggunakan charger original sama dengan menjaga umur baterai lebih lama. Banyak sekali charger abal-abal yang justru akan merusak HP dan baterai karena tegangannya yang tidak stabil, maka dari itu perhatikan hal ini agar baterai memiliki umur yang panjang sekaligus membutnya tetap hemat konsumsi daya.

12. Kesehatan Baterai

Cara Membuat HP Xiaomi Hemat

Ada banyak cara merawat baterai pada smartphone supaya memiliki umur yang lebih lama dan juga memiliki fitur yang tetap baik. Salah satunya jelas pada jenis penggunaan yang salah. Dimana perawatan yang salah oleh pengguna menjadi salah satu indikator kenapa baterai menjadi sangat boros. Berikut perilaku yang salah dalam merawat baterai HP yang membuatnya semakin boros adalah beberapa kiatnya :

  1. Charger Terlalu lama.
  2. Digunakan sambil di Charger.
  3. Jangan cas HP dalam posisi baterai 0% karena akan membuat umur baterai menjadi lebih pendek.
  4. Selalu Siapkan Power Bank.
  5. Gunakan Tema gelap (Dark Mode).
  6. Gunakan Wallpaper Warna Hitam.
  7. Instal Aplikasi Greenify.
  8. Cek Update android secara berkala.
  9. Gunakan Mode Pesawat Bila Perlu
  10. Update Aplikasi bila sudah muncul versi terbaru.

Nah itulah beberapa Cara Menghemat Baterai Xiaomi yang wajib mi Fans ketahui jika ingin melakukan penghematan pada konsumsi baterainya. Cara tersebut juga tidak hanya untuk HP xiaomi saja karena hampir semua HP bisa menggunakan cara tersebut. Hal Tersebut juga berlaku untuk HP dengan panel Super Amoled dan juga IPS. Simak juga ulasan menggenai Cara Ganti Font HP Xiaomi Tanpa Root Di MIUI 10 pada artikel Xiaomidev sebelumnya.

5/5 (1 Review)

You May Also Like

About the Author:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *