Cara Mengecek Hp Xiaomi Bekas / Baru Agar Tidak Salah Beli

Xiaomidev.com Cara mengecek hp Xiaomi bekas bisa dilakukan dengan berbagai cara. Yang paling utama adalah memeriksa kondisi fisiknya, apakah ada yang rusak atau tidak. Namun sering kali kerusakan smartphone tidak hanya dari segi fisiknya saja. Kita juga perlu memeriksa bagian dalam smartphone, baik itu software ataupun hardware.

Yah, ada banyak pertimbangan sebelum membeli hp Xiaomi bekas. Apabila asal-asalan dalam membelinya, maka bisa berpotensi mendapatkan handphone bekas dengan kondisi yang tidak sempurna. Tentu kalian tidak ingin mengalami hal tersebut. Oleh karena itulah kami akan memberikan beberapa cara mengecek hp Xiaomi bekas yang bisa kalian simak dibawah ini.

Tips Cara Mengecek Hp Xiaomi Bekas

Cara Mengecek Hp Xiaomi Bekas

1. Mengecek IMEI

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa hp Xiaomi yang dipasarkan di Indonesia tidak semuanya resmi. Ada banyak sekali hp Xiaomi garansi distributor yang notabennya merupakan produk non-resmi. Untuk mengetahui apakah resmi atau tidak, kalian bisa melihatnya dari nomor IMEI. Ada beberapa cara untuk mengetahui nomor IMEI hp Xiaomi yang bisa kalian simak pada artikel “Cara Cek IMEI Xioami“.

Cara termudah untuk mengetahui nomor IMEI Xiaomi adalah dengan mengetikan kode rahasia *#06#. Silahkan ketikan kode tersebut pada menu panggilan telepon dan secara otomatis akan keluar 2 nomor IMEI yang merupakan IMEI Slot SIM Card 1 dan SIM Card 2. Selain itu, kalian juga bisa melihat IMEI pada kemasan dusbook.

BACA JUGA :   Cara Mudah Screenshot di Hp Xioami All Type

2. Mengecek Garansi

Cara Cek Garansi Xiaomi Online

Setelah mengetahui nomor IMEI dari handphone yang dibeli, selanjutnya kita tinggal mengecek apakah merupakan hp Xiaomi garansi resmi atau non-resmi. Cara mengeceknya sangat mudah, kalian cukup mengunjungi situs buy.mi.co.id/id/registration. Kemudian masukan nomor IMEI pada kolom yang tersedia.

Apabila handphone yang dibeli merupakan garansi resmi, maka akan terlihat informasi Negara Pembelian yang bertuliskan Indonesia. Melalui situs di atas kita juga bisa mengetahui waktu aktifasi dan waktu produksi hp Xiaomi. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak informasi berikut “Cara Cek Hp Xiaomi Pertama Kali Diaktifkan

Owh yah, untuk hp Xiaomi garansi resmi memiliki dusbook dengan logo TAM. Sedangkan untuk non-resmi atau distributor biasanya berlogo Bless atau distributor lainnya.

3. Mengecek Software

Update Xiaomi

Sebenarnya sah-sah saja membeli hp Xiaomi garansi non-resmi atau garansi distributor. Namun jangan harap bisa klaim garansi ke service center resmi Xiaomi apabila terjadi kerusakan. Masalah lainnya adalah Software. Sebab, rata-rata hp Xioami distributor tidak bisa update software, karena sistem operasi yang digunakan sudah dimodifikasi oleh pihak distributor.

Saat membeli hp Xiaomi bekas kalian wajib mengecek versi software atau firmware, apakah bisa diupdate atau tidak. Apabila ternyata tidak bisa diupdate, maka besar kemungkinan hp bekas yang dibeli merupakan garansi distributor.Biasanya hal ini terjadi pada hp Xiaomi versi China yang dipasarkan di Indonesia. Namun untuk versi global biasanya tetap bisa mendapatkan pembaharuan software secara berkala.

3. Mengecek Hardware & Kondisi Layar

Uji Sensitifitas layar Xiaomi

Pada artikel xiaomidev.com sebelumnya kami sudah pernah membahas mengenai “Cara Cek Touscreen Xiaomi“. Kalian bisa mengikuti cara tersebut untuk mengecek kondisi layar hp Xiaomi bekas. Cara mengeceknya juga sangat mudah, karena hanya perlu mengakses kode rahasia Xiaomi melalui menu panggilan telepon. Dimana kodenya adalah *#*#64663#*#*.
BACA JUGA :   Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Tanpa Root

Dengan mengetikan kode di atas kalian akan masuk ke menu test hardware, seperti sensor, suara, getar, fungsi layar, dan beberapa pengetesan lainnya. Nah untuk mengecek kondisi layar, pilihlah menu Touch Sensor dan Display. Selain itu, kalian juga bisa mengecek semua hal yang berhubungan dengan hadware melalui kode rahasia diatas.

4. Mengecek Baterai

Konsumsi Baterai Xiaomi

Baterai menjadi masalah utama yang sering terjadi pada hp Xiaomi bekas. Sering kali ada hp bekas yang kondisi baterainya sudah tidak bagus sehingga terasa boros dan cepat habis. Lalu yang jadi pertanyaan, bagaimana cara mengecek kondisi baterai hp Xiaomi bekas?

Cara mengecek hp Xiaomi bekas untuk masalah baterai bisa melihatnya pada menu Setelah, kemudian pilihlah menu Baterai & Performa. Pada menu tersebut telah tersedia fitur untuk melihat Penggunaan Daya Baterai. Silahkan klik fitur tersebut, lalu perhatikan riwat pemakaian baterai, apakah normal atau tidak.

5. Mengecek Kondisi Fisik

Cara Mengecek Hp Xiaomi Bekas Kondisi Fisik

Yang terakhir tinggal mengecek kondisi fisik. Perhatikan setiap sisi handphone, apakah ada yang lecet atau tidak. Selain itu, kalian harus melihat bagian layar. Siapa tau layarnya sudah tergores atau bahkan pecah. Apabila rupanya ada yang pecah, maka kemungkinan besar pernah terjatuh atau terbentur benda keras.

Untuk mengetahui apakah handphone pernah dibongkar atau belum juga bisa dilihat dari segi fisik. Biasanya untuk handphone yang pernah dibongkar akan ada bekas lem pada bagian samping layar. Selain itu, terkadang akan terlihat ada rongga dibagian casing yang menandakan bahwa handphone pernah dibongkar.

6. Cek Setiap Tombol

Yang tak kalah penting adalah mengecek fungsi setiap tombol, seperti tombol power, tombol volume, dan tombol sidik jari. Pastikan semuanya berfungsi dengan normal dan masih nyaman digunakan.
BACA JUGA :   Cara Menggunakan Mi Mover Untuk Transfer File Cepat

7. Cek Kamera

Cara Mengecek Hp Xiaomi Kamera

Cara mengecek hp Xiaomi bekas selanjutnya adalah mengecek bagian kamera. Pastikan tidak ada lecet pada bagian lensa karena akan sangat berpengaruh terhadap kualitas foto dan video yang diambil. Kalian juga bisa langsung mencoba fungsi kamera untuk memastikan bagimana kualitasnya.

8. Melihat Nota Pembelian

Nota Pembelian Hp Xiaomi

Nota pembelian akan menjadi bukti waktu pembelian smartphone. Namun bagi yang mendapatkan hp Xiaomi bekas tanpa nota pembelian, maka bisa melihat informasi waktu aktifasi melalui buy.mi.co.id/id/registration seperti yang kami sampaikan di atas.

9. Cek Speaker

Cara Mengecek Hp Xiaomi Bekas Speaker

Selain cara mengecek hp Xiaomi bekas di atas, kalian juga perlu mengecek kondisi speaker. Pastikan suaranya masih bagus dan tidak cempreng. Untuk mengceknya bisa menggunakan kode rahasia Xiaomi *#*#64663#*#* atau dengan cara memutar musik. Apabila kondisi speaker masih bagus, tentu suaranya akan terdengar jernis dan tidak pecah.

10. Cek Sinyal dan Kartu SIM

Cara Mengecek Hp Xiaomi Second

Peraturan pemblokiran IMEI sudah berlaku. Dengan adanya peraturan ini, maka hp Xiomi non-resmi yang tidak terdaftar di situs Kemeneperin (imei.kemenperin.go.id) tidak bisa menggunakan provider seluler Indonesia. Oleh karena itulah, kalian wajib mengeceknya dengan cara memasukan kartu SIM ke slot SIM Card. Apabila sinyal muncul dan dapat digunakan untuk telepon, sms, dan mengakses internet maka berarti aman.
Baca Juga Informasi Artikel Lainnya
Cara Download Video FacebookAplikasi Karaoke Xiaomi
Cara Merekam Suara XiaomiPenyebab Hp Xiaomi Mati Sendiri

Nah demikianlah beberapa tips cara mengecek hp Xiaomi bekas yang wajib kalian lakukan sebelum ataupun sesudah membeli hp Xiaomi bekas. Cara di atas juga bisa kalian aplikasikan pada saat membeli Hp Xiaomi baru agar tidak salah beli. Pada intinya kita harus mengecek secara keseluruhan, baik itu fisik, hardware dan software. Jangan lupa untuk mengeceknya menggunakan Kode Rahasia Xiaomi dengan mengetikan *#*#64663#*#*. Sekian & Terima Kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *