10 Cara Mengatasi Hp Xiaomi Terkena Air Agar Tidak Mati Total

Salah satu penyebab hp Xiaomi mati total adalah karena terkena air, lalu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Caranya cukup mudah, namun kami tidak menjamin 100% smartphone dapat dihidupkan kembali. Sebab air bisa menyebabkan korsleting yang membuat hardware Xiaomi menjadi rusak.

Apabila sudah terjadi korselting maka jalan satu-satunya adalah datang ke tukang service handphone atau service center resmi Xiaomi untuk melakukan perbaikan dan penggantian spare-part. Biaya yang dibutuhkan tergantung dari tingkat kerusakan, apakah terlalu parah atau tidak.

Sayangnya hp yang rusak karena terkena air tidak tercover garansi. Itu artinya anda harus mengeluarkan biaya perbaikan dan biaya penggantian spare-part. Sebenarnya kerusakan tersebut dapat dicegah asalkan mengetahui bagaiamana cara mengatasi hp Xiaomi yang terkena air.

Apabila sudah terlambat dan ternyata benar-benar rusak, maka kemungkinan hanya bisa diperbaiki di service center. Namun sebelum memutuskan untuk melakukan perbaikan, silahkan simak terlebih dahulu cara mengatasi hp Xiaomi yang kena air pada aritkel xiaomidev.com berikut ini.

Cara Mengatasi Hp Xiaomi Terkena Air

Cara Mengatasi Hp Xiaomi Terkena Air

Silahkan mengikuti setiap langkah di bawah ini untuk mencegah hp Xiaomi mati total karena terkena air.

1. Segera Keluarkan Dari Air

Semakin lama smartphone terendam air maka potensi terjadi kerusakan semakin besar. Oleh karena itulah anda harus segera mengeluarkan smartphone yang terendam air dan memindahkannya ke tempat kering.

BACA JUGA :   Cara Menghemat Baterai Xiaomi Paling Efektif Di 2020

2. Langsung Matikan Smartphone

Biasanya smartphone tidak akan langsung mati apabila terkena air. Hal ini justru berbahaya, karena bisa menyebabkan konsleting. Untuk mencegah hal tersebut, maka kami sarankan untuk langsung mematikan smartphone yang terkena air.

3. Lepas Baterai (Jika Memungkinkan)

Apabila masih memakai hp Xiaomi jadul yang memiliki baterai bongkar pasang maka jangan lupa untuk melepaskan baterai. Tujuannya adalah untuk memutus energi dan menghindari kerusakan lebih lanjut.

Bagi yang memakai hp Xiaomi baterai tanam tidak perlu khawatir. Asalkan smartphone sudah dimatikan maka tetap aman.

4. Keluarkan Sim Card dan MicroSD

Langkah selanjutnya adalah melepaskan SIM Card dan MicroSD agar air yang masuk ke dalam smartphone mudah keluar melalui lubang slot SIM Card ataupun MicroSD.

5. Keringkan Smartphone

Jangan langsung menghidupkan smartphone yang terkena air. Pastikan smartphone benar-benar kering barulah dihidupkan. Nah yang jadi pertanyaan, bagaimana cara mengeringkan hp Xiaomi yang terkena air?

Cara Mengeringkan Hp Xiaomi Yang Kena Air

Cara Mengeringkan hp Xiaomi Kena Air

Apabila sudah mengikuti setiap langkah di atas, maka tinggal mengeringkan smartphone sampai benar-benar kering. Ada beberapa cara mengeringkan hp Xiaomi terkena air yang terbukti berhasil oleh sebagian orang. Namun kami tidak menjamin cara di bawah ini berhasil 100%.

Silahkan coba sendiri dan kami hanya bisa berdoa agar smartphone yang terkena air bisa dihidupkan kembali.

1. Letakan Hp Xiaomi Ke Dalam Beras

Meletakan smartphone yang terkena air ke dalam beras bukanlah MITOS belakang. Cara ini terbukti berhasil untuk mengatasi hp Xiaomi mati total karena terkena air. Langkah yang dilakukan adalah terlebih dahulu melepas SIM Card dan slot MicroSD agar air bisa keluar dari lubang slot SIM Card maupun MicroSD.

BACA JUGA :   Cara Agar PUBG Mobile Tidak Patah-Patah / Lag Di Android Ram 2GB

Apabila memungkinkan jangan lupa untuk melepas baterai terlebih dahulu. Setelah itu tinggal masukan smartphone ke dalam beras selama 48-72 Jam. Pastikan smartphone terkubur sepenuhnya ke dalam beras. Tujuannya adalah untuk membantu mengeluarkan sisa-sisa kelembaban yang ada di dalam smartphone.

Silahkan putar posisi smartphone ke posisi yang berbeda apabila dirasa sudah cukup agar sisa-sisa air yang ada di smartphone mudah keluar. Cara ini memang membutuhkan waktu cukup lama dan jangan terlebih dahulu menghidupkan smarpthone apabila dirasa masih basah.

Waktu 48-72 Jam mungkin tidak cukup, terutama untuk smartphone yang terendam air dalam waktu lama. Kami sendiri menyarankan untuk memasukan smartphone ke dalam beras maksimal 1 Minggu agar hasilnya lebih maksimal.

2. Sedot Air Menggunakan Vacuum Cleaner

Metode selanjutnya adalah menggunakan Vacuum Cleaner untuk menyedot air yang masuk ke smartphone. Anda bisa menyedot air melalui lubang USB, slot SIM Card ataupun slot MicroSD. Metode ini jauh lebih cepat dibanding merendam smartphone ke dalam beras.

Tingkat keberhasilan metode ini tergantung dari jumlah air yang masuk ke dalam smartphone. Apabila terlalu banyak maka bisa menyebabkan kelembaban sehingga membutuhkan waktu lebih lama sampai benar-benar kering.

Setelah menyedot air dengan vacuum cleaner ada baiknya tidak langsung menghidupkan smartphone. Kami sarankan untuk meletakan smartphone terlebih dahulu ke dalam beras untuk membantu mengeluarkan sisa-sisa kelembaban yang ada di dalam smartphone.

3. Semprot Dengan Kompresor Udara

Cara mengatasi hp Xiaomi terkena air ini bisa berbahaya apabila menggunakan tekanan angin terlalu tinggi. Kami sarankan untuk mengatur kompresor udara ke pengaturan PSI Rendah agar tidak merusak komponen yang ada di dalam smartphone.

Setelah mengatur tekanan udara yang sesuai, kemudian tinggal meniupkan udara ke permukaan hp Xiaomi yang terkena air serta ke port yang tersedia, seperti port USB, MicroSD, dan SIM Card. Jika sudah jangan langsung menghidupkan smartphone.

BACA JUGA :   HP Xiaomi Dengan Layar Super Amoled Murah 2020

Biarkan terlebih dahulu sekitar 24 Jam, lalu tinggal dihidupkan dan lihat apakah smartphone yang terkena air masih bisa hidup atau tidak.

4. Gunakan Kipas Angin

Selain metode di atas, anda juga bisa mencoba cara mengatasi hp Xiaomi terkena air dengan meletakan smartphone di handuk ataupun permukaan penyerap lainnya. Setelah itu nyalakan kipas angin dan hadapkan ke smartphone

Dari pada mencoba cara ini kami lebih memilih merendam smartphone ke dalam beras dan tunggu hingga 7 hari sampai benar-benar kering sempurna.

5. Jangan Gunakan Hair Dryer

Banyak orang berpikir Hair Dryer bisa digunakan untuk mengatasi hp Xiaomi terkena air. Hair Dryer memang bisa mengeringkan air secara cepat, namun cara ini justru berbahaya. Sebab panas yang keluar dari hair dryer bisa merusak komponen smartphone.

Nah apabila tidak hidup meski sudah dikeringkan maka kemungkinan terjadi konsleting sehingga menyebabkan salah satu komponen mengalami kerusakan. Biasanya hal ini terjadi karena smartphone tidak langsung dimatikan setelah terkena air atau karena terendam air terlalu lama.

Apabila smartphone sudah terlanjur mati total maka langkah yang bisa dilakukan adalah datang ke service center Xiaomi terdekat. Untuk mengetahui alamatnya silahkan simak informasi berikut “Alamat Service Center Xiaomi”

Baca Juga Informasi Artikel Lainnya
Situs Streaming Bola Cara Merekam Suara Di HP Xiaomi
Cara Screenshot Panjang Xiaomi  Cara Membuat AOD Di HP Xiaomi

Nah demikianlah berbagai macam cara mengatasi hp Xiaomi terkena air. Silahkan mempraktekan tutorial xiaomidev.com di atas dan semoga smartphone yang anda miliki tidak mati total setelah mengikuti tutorial yang kami sampaikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *