Cara Klaim Garansi Xiaomi TAM : Syarat & Prosedur

Cara Klaim Garansi Xiaomi – Meksipun harganya murah, namun smartphone Xiaomi terkenal akan durabilitasnya yang tidak mudah rusak. Meskipun begitu, bukan berarti hp Xiaomi tidak bisa rusak. Sering kali handphone mengalami kerusakan karena cacat pabrik ataupun karena faktor humah error.

Langkah yang pertama saat hp Xiaomi mengalami kerusakan adalah dengan klaim garansi. Namun sebelum itu, kalian wajib mengetahui apakah handphone yang dimiliki merupakan garansi resmi atau non-resmi. Untuk mengeceknya silahkan artikel xiaomidev.com sebelumnya mengenai “Cara Cek Garansi Xiaomi“.

Apabila setelah dicek merupakan garansi resmi, maka kalian bisa klaim garansi di service center Xiaomi yang ada di hampir semua kota di Indonesia. Pengajuan garansi yang berlaku untuk produk resmi saja. Apabila yang rusak merupakan hp Xiaomi garansi distributor, maka kalian harus klaim garansi ke pihak distributor.

Yah, salah satu keuntungan membeli produk resmi Xiaomi adalah garansi yang lebih terjamin. Namun tidak semua kerusakan bisa ditanggung, terutama kerusakan karena faktor humah error, seperti layar pecah karena terjatuh atau terbentur dan kerusakan karena faktor bencana alam.

Syarat Klaim Garansi Xiaomi

Syarat Klaim Garansi Xiaomi

Xiaomi memiliki kebijakan sendiri dalam pengajuan garansi bagi semua tipe hp Xiaomi yang dipasarkan secara resmi di Indonesia. Sebab klaim garansi Xiaomi hanya berlaku untuk kerusakan sebagai berikut.
  1. Kerusakan layar karena tidak ada tampilan atau tampilan tidak normal. Namun apabila layar pecah ataupun tergores, maka garansi tidak berlaku karena merupakan human error.
  2. Handphone tiba-tiba tidak bisa dihidupkan karena masalah pada komponen hardware yang mengalami kerusakan. Selain itu, garansi juga berlaku apabila hp Xiaomi tidak bisa digunakan untuk membuat panggilan atau mencatat panggilan.
  3. Handphone tidak dapat bergetar atau berdering. Kerusakan ini sering kali terjadi karena cacat produksi sehingga bisa dilakukan pengajuan garansi selama masa garansi masih berlaku.
  4. Garansi berlaku bagi hp Xiaomi yang mati secara tidak normal
  5. Kerusakan tombol
  6. Speaker tidak bisa mengeluarkan suara atau volume suara tidak normal. Namun apabila kerusakan tersebut handphone terjatuh ke dalam air, maka garansi tidak berlaku
  7. Charger asli tidak berfungsi. Untuk masa garansi charger sendiri selama 6 bulan, jadi apabila sebelum 6 bulan sudah rusak maka bisa klaim garansi
  8. Smartphone mengalami retak yang disebabkan oleh faktor material ataupun struktur material
  9. Baterai hp Xiaomi tidak bisa terisi, meski sudah melakukan pengisian penuh. Sama seperti charger, masa garansi baterai hp Xiaomi adalah selama 6 bulan
  10. Kabel data tidak berfungsi dengan masa garansi selama 6 bulan
  11. Kartu SIM tidak bisa berfungsi secara maksimal seperti sinyal lemah atau tidak bisa terkoneksi ke jaringan.
BACA JUGA :   6 Cara Menampilkan Persentase Baterai Xiaomi

Apabila kerusakan hp Xiaomi sesuai dengan kebijakan di atas, maka pengajuan klaim garansi bisa disetujui. Yang paling penting kerusakannnya bukan karena faktor humah error ataupun bencana alam. Lalu yang jadi pertanyaan sekarang, bagaimana cara klaim garansi Hp Xiaomi?

Cara Klaim Garansi Xiaomi

Cara Klaim Garansi Xiaomi

Saat membeli hp Xiaomi kalian harus memperhatikan masalah garansi. Pastikan handphone yang dibeli merupakan garansi TAM. TAM sendiri merupakan distributor resmi hp Xiaomi di Indonesia, sehingga semua smartphone yang Xiaomi pasarkan akan bergaransi TAM.

Untuk mengetahui bagaimana cara klaim garansi Xiaomi TAM, silahkan simak informasi xiaomidev.com berikut ini.

  1. Pastikan masa garansi masih berlaku. Rata-rata hp Xiaomi memiliki masa garansi selama 1 tahun meliputi suku cadang dan ongkos perbaikan. Namun untuk aksesoris seperti baterai, kabel data, dan charger hanya selama 6 bulan. Selain itu, Xiaomi juga menawarkan garansi terbatas untuk beberapa tipe tertentu seperti Xiaomi Redmi Note 7 selama 18 bulan dan Redmi 8 serta Redm 8A yang mencapai 2 tahun atau 24 bulan.
  2. Pastikan handphone yang akan digaransikan menggunakan ROM asli atau stock ROM official. Apabila sebelumnya menggunakan ROM Unofficial, maka kalian harus mengembalikannya terlebih dahulu. Selain itu, mode recovery juga harus dikembalikan ke stock recovery.
  3. Ada baiknya terlebih dahulu membackup file-file penting karena biasanya hp yang rusak akan di flash ulang sehingga semua data akan hilang
  4. Setelah itu tinggal datang ke Service Center Xiaomi untuk klaim garansi. Bagi yang belum tahu alamatnya, silahkan simak pada artikel berikut “Alamat Service Center Xiaomi“. Kalian juga bisa bertanya langsung ke Call Center Xiaomi di nomor 0800-1-401558 untuk menanyakan lokasi service center terdekat
  5. Jangan lupa membawa nota pembelian serta dusbook hp Xiaomi yang rusak. Di dala dusbook juga sudah disediakan kertas garansi yang akan mempermudah proses klaim garansi Xiaomi
  6. Kemudian petugas service center akan mengecek kerusakan dan menentukan apakah kerusakan bisa tercover garansi
  7. Apabila klaim garansi disetujui, maka kita tingga menunggu proses perbaikan selesai. Biasanya memakan waktu 1 sampai 4 minggu, tergantung tingkat kerusakan. Apabila kerusakan tidak bisa teratasi, maka biasanya akan mendapatkan unit baru
  8. Selama masa garansi masih berlaku, maka biaya service dan penggantian sparepart akan gratis 100%. Namun apabila masa garansi sudah habis, maka mau tak mau harus membayar biaya perbaikan dan penggantian sparepart.
BACA JUGA :   Cara Registrasi Kartu Indosat Via SMS & Online

Seperti yang kalian lihat di atas, cara klaim garansi Xiaomi sangatlah mudah. Namun cara di atas hanya berlaku untuk hp Xiaomi garansi resmi TAM. Jadi bagi kalian yang memiliki hp Xiaomi garansi distributor, maka tidak bisa klaim garansi di service center resmi Xiaomi.

Seperti yang kalian lihat di atas, cara klaim garansi Xiaomi sangatlah mudah. Namun cara di atas hanya berlaku untuk hp Xiaomi garansi resmi. Jadi bagi kalian yang memiliki hp Xiaomi garansi distributor, maka tidak bisa klaim garansi di service center resmi Xiaomi.

Meksipun tidak bisa klaim garansi, namun hp Xiaomi garansi distributor tetap bisa melakukan perbaikan di service center resmi, asalkan tipenya sesuai dengan tipe hp Xiaomi yang dipasarkan secara resmi di Indonesia. Perbaikan juga dikenakan biaya, sesuai harga sparepart yang diganti serta biaya service.

Biasanya biaya service hp Xiaomi di service center resmi lebih mahal dibandingkan tempat lainnya. Namun hal tersebut tidak jadi masalah, karena suku cadang yang digunakan dijamin original 100% dan pemasangannya dilakukan oleh teknisi profesional yang sudah berpengalaman dalam memperbaiki smartphone Xiaomi.

Baca Juga Informasi Artikel Lainnya
Cara Hapus Akun Google di XiaomiAplikasi Kamera Xiaomi
Cara Mengapus Akun MI TerkunciCara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaom

Nah setelah mengetahui cara klaim garansi Xiaomi, maka kalian tinggal datang ke Service Center Xiaomi terdekat dengan membawa syarat berupa kartu garansi, nota pembelian, dan dusbook. Mungkin syarat disetiap service center Xiaomi berbeda-beda. Namun ada umumnya kalian harus membawa syarat tersebut. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *