Cara Cek Garansi Xiaomi Resmi atau Distributor

Cara Cek Garansi Xiaomi – Smartphone Xiaomi yang beredar di Indonesia tidak sepenuhnya bergaransi resmi.  Kita harus tahu dengan benar apakah handphone yang kita beli merupakan garansi resmi atau tidak. Pasalnya smartphone garansi non-resmi atau distributor nantinya tidak akan bisa digunakan di Indonesia dikarenakan pemblokiran IMEI yang berlaku untuk smartphone ilegal atau black market.

Pemblokiran IMEI bukanlah wacana belakang. Peraturan tersebut sudah disahkan dan kabarnya mulai berlaku pada bulan April mendatang. Efek pemblokiran tersebut sangat fatal, karena smartphone yang tidak terdaftar tidak akan bisa menggunakan jaringan seluler tanah air seperti Tri, Telkomsel, Axis, XL, dll.

Bagi yang memiliki hp Xiaomi garansi resmi tidak perlu khawatir, karena IMEI-nya sudah terdaftar di database Kemenperin (Kementerian Perindustrian Republik Indonesia) sehingga terhindar dari pemblokiran IMEI. Namun bagi yang memakai smartphone non-resmi maka wajib waspada. Hal tersebut juga berlaku bagi pengguna hp Xiaomi garansi distributor.

Kami yakin sebagian besar pengguna hp Xiaomi tidak mengetahui garansi smartphone yang mereka miliki, apakah garansi resmi atau garansi distrubutor. Yang pasti, hp Xiaomi garansi distributor IMEI-nya tidak terdaftar di database Kemenperin, jadi wajib waspada saat peraturan pemblokiran IMEI berlaku.

Tak hanya masalah IMEI saja, hp Xiaomi garansi non-resmi juga akan kesusahan dalam melakukan perbaikan. Meski ada garansi dari distrubutor, namun biasanya akan dipersulit saat klaim garansi. Oleh karena itulah kami sarankan untuk membeli hp Xiaomi garansi resmi dibandingkan garansi distributor.

Sebelum membeli hp Xiaomi kalian wajib mengecek garansinya terlebih dahulu. Lagi pula cara cek garansi Xiaomi resmi sangatlah mudah. Nah bagi yang belum tau caranya, silahkan simak informasi xiaomidev.com berikut ini.

BACA JUGA :   Cara Reset Hp Xiaomi Semua Tipe Paling Mudah dan Terbaru 2020

Tutorial Cara Cek Garansi Xiaomi

1. Cek Garansi Di Dusbook

Cara Mengetahui Garansi Hp XiaomiCara termudah untuk mengetahui garansi Xiaomi adalah dengan melihat kotak kemasannnya. Apabila pada kotak kemasan tertera stiker TAM, maka kami pastikan merupakan produk resmi. TAM sendiri merupakan singkatan dari PT Telematika Artha Mandiri selaku distributor resmi Xiaomi di Indonesia.

Selain stiker TAM, pada kotak kemasan hp Xiaomi garansi resmi juga tertulis PT Sat Nusapersada Tbk yang berlokasi di Batam, Kepulauan Riau. Lokasi tersebut menandakan bahwa handphone yang dibeli merupakan produk resmi yang dirakit di Indonesia. Sedangkan untuk hp Xiaomi garansi distributor biasanya tertulis Made In China.

Apabila kotak kemasakan dibuka juga terlihat adanya buku panduan dan pusat layanan yang tertulis dalam bahasa Indonesia. Cara cek garansi Xiaomi ini memang sangat mudah, namun akan jadi masalah apabila kalian membeli hp Xiaomi bekas yang tidak ada dusbook-nya. Apabila hal tersebut terjadi, maka kalian bisa mencoba cara cek garansi Xiaomi dibawah ini.

2. Melihat Jenis Charger

Charger XiaomiPengalaman kami membeli hp Xiaomi garansi distributor adalah memiliki charger yang bukan standar Indonesia. Biasanya akan berbentuk pipih atau memiliki tiga kaki. Apabila garansi resmi maka akan mendapatkan charger Xiaomi standar dua kaki yang bisa langsung dicolokan ke listrik, tanpa perlu adapter khusus.

3. Cek IMEI Hp Xiaomi

Cara Cek IMEI XiaomiIMEI merupakan identitas smartphone. Setiap tipe hp Xiaomi memiliki nomor IMEI berbeda-beda yang nantinya terdaftar pada database Kemenperin. Untuk mengetahui nomor IMEI hp Xiaomi juga sangat mudah. Kalian cukup mengetikan kode *#06#, kemudian akan muncul nomor IMEI secara otomatis. Silahkan catat nomor IMEI tersebut, lalu bukan situs https://imei.kemenperin.go.id/ dan masukan nomor IMEI pada kolom pencarian. Apabila terbukti resmi, maka akan muncul informasi bahwa IMEI telah terdaftar.

BACA JUGA :   Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Yang Tidak Berfungsi

Masih ada beberapa cara lainnya untuk mengetahui nomor IMEI Xiaomi. Bagi yang masih bingung bagaimana caranya, silahkan simak informasi berikut “Cara Cek IMEI Xiaomi“. Owh yah, nantinya akan muncul dua IMEI berbeda yang merupakan nomor IMEI untuk slot sim kartu yang pertama dan yang kedua.

4. Cara Cek Garansi Xiaomi Online

Cara Cek Garansi Xiaomi OnlineXiaomi memiliki situs khusus yang bisa kita gunakan untuk mengecek garansi Xiaomi. Situs tersebut beralamatkan di http://buy.mi.com/id/registration. Saat mengakses situs registrasi produk Xiaomi tersebut akan muncul kolom nomo IMEI. Silahkan sobat masukan nomor IMEI yang telah didapatkan melalui cara cek IMEI diatas.

Nah setelah memasukan nomor IMEI, maka akan muncul nama distributor yang memberikan garansi. Apabila tertulis Erajaya, maka merupakan hp Xiaomi garansi resmi. Namun apabila yang muncul rupanya tulisan China, maka bisa dipastikan merupakan smartphone non-resmi.

Baca Juga Informasi Artikel Lainnya
Aplikasi Live StreamingAplikasi Download Video Youtube

Seperti yang kalian lihat diatas, cara cek garansi Xiaomi memang sangat mudah. Terlebih Xiaomi sudah menyediakan website khusus yang bisa kita gunakan untuk mengetahui garansi Xiaomi secara mudah. Nah cukup sekian informasi xiaomidev.com kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

You May Also Like

About the Author:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *