Cara Cek IMEI Xiaomi Asli Atau Palsu Dengan Kode

Cara Cek IMEI Xiaomi – IMEI atau International Mobile Equipment Identity merupakan sebuah barisan angka yang apabila kita cek berisi mengenai informasi tentang handphone, mulai dari model, merek, tahun pembuatan, serial number, dll. Semua handphone atau smartphone pasti memilikinya, karena bisa diibaratkan sebagai sebuah identitas layaknya KTP pada manusia.

Setiap smartphone memiliki nomor IMEI yang berbeda-beda. Hal yang sama juga berlaku untuk hp Xiaomi. Untuk mengetahui nomor IMEI pada hp Xiaomi juga bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Yang paling gampang adalah dengan melihat bagian belakang dus book saat kita membeli hp Xiaomi baru ataupun bekas.

Namun tak jarang nomor IMEI yang tertera pada dus book berbeda dengan yang ada di smartphone. Ada beberap faktor yang bisa menyebabkan hal itu. Bisa saja handphone yang kita beli merupakan hp rekondisi, sehingga menggunakan dus book palsu. Selain itu, nomor IMEI yang berbeda juga bisa mengindikasikan keaslian dari smartphone.

Yah, untuk mengecek keaslian hp Xiaomi ataupun smartphone lainnya memang bisa dilakukan dengan mengecek nomor IMEI. Namun sebelum itu kita harus terlebih dahulu mengetahui nomor IMEI-nya. Nah yang menjadi pertanyaan sekarang, bagaimanakah cara cek IMEI Xiaomi selain melihat dari dus book?

Cara cek IMEI Xiaomi sangatlah mudah. MiFans bisa menggunakan kode cek IMEI yang bisa diaplikasikan ke semua smartphone. Masih ada beberapa cara lainnya, dan untuk mengetahuinya silahkan simak informasi cara cek nomor IMEI Xiaomi yang dirangkum redaksi xiaomidev.com berikut ini.

1. Cara Cek IMEI Xiaomi Dengan Kode

Cara Cek IMEI Xiaomi Seperti yang kami sampaikan di atas, cara cek IMEI bisa dilakukan dengan memasukan kode tertentu. Nah bagi yang ingin mengetahui kodenya, silahkan simak informasi berikut ini.

  1. Langkah pertama adalah membuka menu phone atau telepon pada smartphone Xiaomi yang MiFans miliki
  2. Kemudian tuliskan kode cek IMEI Xiaomi dengan kode *#06#.
  3. Setelah itu tinggal tekan tombol telepon / call
  4. Nantinya secara otomatis akan muncul nomor IMEI di layar smartphone.
  5. Apabila memakai hp Xiaomi yang memiliki fitur Dual Sim, maka akan muncul dua nomor IMEI berbeda yang merupakan IMEI Sim Card pertama dan kedua
BACA JUGA :   Cara Instal Ulang Xiaomi Terbaru 2019 : Semua Tipe Xiaomi

Kode cek IMEI Xiaomi di atas bisa MiFans gunakan untuk mengecek nomor IMEI pada smartphone berbeda, jadi tak hanya terbatas pada hp Xiaomi. Nah setelah mengetahui kode IMEI-nya, maka tinggal kalian catat agar nantinya bisa melakukan pegecekan lebih lanjut melalui situs yang dikhususkan untuk cek IMEI.

2. Cara Cek IMEI Xiaomi Di Menu Setting

Cara Cek IMEI Hp XiaomiSelain cara di atas, MiFans juga bisa mengecek IMEI Xiaomi dengan melihatnya di Menu Setting atau Pengaturan smartphone. Adapun caranya silahkan simak di bawah ini.

  1. Pertama, silahkan buka menu Setting (Pengaturan)
  2. Setelah masuk ke menu pengaturan tinggal mencari menu About Phone (Tentang Ponsel)
  3. Kemudian pilih menu Status
  4. Nah pada menu Status tinggal klik menu IMEI Information, lalu akan muncul informasi nomor IMEI hp Xiaomi yang kita miliki

Dengan mengikuti langkah pemeriksaan IMEI di atas, nantinya kita bisa mengetahui keaslian hp Xiaomi yang dimiliki. Namun untuk mengecek keasliannya harus terlebih dahulu membuka halaman khusus untuk cek keaslian hp Xiaomi. Nah untuk caranya silahkan simak di bawah ini.

3. Cek Keaslian Xiaomi Dengan IMEI

Situs Cek IMEI XiaomiSaat ini banyak sekali hp Xiaomi palsu yang beredar dipasaran. Kualitasnya tentu berbeda sangat jauh, karena rata-rata smartphone Xiaomi memiliki spesifikasi tinggi dan didukung build quality yang bagus. Oleh karena itulah kami sarankan untuk mengecek nomor IMEI agar bisa mengetahui keaslian hp Xiaomi yang dibeli.

Nah setelah mengetahui nomor IMEI pada hp Xiaomi dengan mengikuti cara cek IMEI Xiaomi di atas, maka sekarang kita tinggal mengecek keasliannya. Caranya sangat gampang, karena Xiaomi telah menyediakan halaman khusus untuk mengecek keaslian smartphone yang mereka pasarkan. Untuk mengetahui caranya, silahkan simak di bawah ini.

  1. Untuk mengecek keaslian hp Xiaomi melalui nomor IMEI bisa mengunjungi situs resmi verifikasi Xiaomi yang beralamatkan di https://www.mi.com/global/verify/#/en/tab/imei.
  2. Setelah membuka situs di atas, kemudian kita tinggal memasukan nomor IMEI atau Serial Number yang didapatkan melalui pengecekan IMEI di atas atau dari Dus Book
  3. Kemudian masukan kode verivikasi, dan selanjutnya tinggkal klik tombol “Verify
  4. Apabila nomor IMEI yang kita masukan asli Xiaomi, maka akan muncul informasi keaslian
  5. Untuk mengecek informasi nomor IMEI juga bisa mengunjungi situs https://www.imei.info. Pada situs tersebut akan muncul informasi lengkap seputar model, tipe, tahun pembuatan, hingga spesifikasinya
BACA JUGA :   Cara Ganti Font Xiaomi MIUI 10 Paling Mudah : NO ROOT

Mengecek keaslian hp Xiaomi memang sangat penting. Semoga dengan mengikuti tips di atas, MiFans bisa terhindar dari hp Xiaomi palsu. Terlebih pemerintah Indonesia sudah mengeluarkan wacana pemblokiran IMEI untuk semua smartphone ilegal atau black market. Kabarnya peraturan ini akan mulai berlaku pada tahun 2020 mendatang.

Pemblokiran IMEI harus dilakukan pemerintah Indonesia untuk membabat habis peredaran hp ilegal. Para MiFans tentu kecewa dengan peraturan tersebut. Pasalnya rata-rata hp Xiaomi yang dipasarkan di Indonesia merupakan smartphone blackmarket, terutama hp Xiaomi flagship seperti Xiaomi Mi Mix 3, Mi 9, dan Redmi K20.

Pemerintah melalui Kementrian Perindustrian akan menyediakan situs khusus untuk keperluan pengecekan status IMEI yang bisa diakses “DISINI“. Nantinya handphone yang IMEI-nya tidak terdaftar, maka tidak akan bisa menggunakan operator seluler Indonesia. Alhasil handphone tersebut tidak bisa dipakai untuk telepon, sms, dan mengakses internet melalui layanan data operator seluler tanah air.

Baca Juga Informasi Artikel Lainnya
HP Xiaomi Baterai 5000 mAhHarga Tablet Xiaomi 
HP Xiaomi Baterai 4000 mAhHarga Power Bank Xiaomi

Semoga nantinya pemerintah memberikan keringanan bagi hp Xiaomi ilegal yang kita beli di luar negeri ataupun di market place. Keringanan tersebut bisa berupa penambahan pacak ataupun skema lainnya. Nah sekian informasi xiaomidev.com kali ini, semoga artikel cara cek IMEI Xiaomi di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

You May Also Like

About the Author:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *