4 Cara Mengatasi Hp Xiaomi Tidak Ada Layanan (No Signal)

Ada banyak pengguna hp Xiaomi yang mengalami masalah tidak ada layanan jaringan yang mengakibatkan sinyal 4G hilang. Masalah ini bisa terjadi pada semua tipe hp Xiaomi seperti Redmi 4a, Redmi 6a, Redmi 7a, Redmi 9a hingga seri-seri terbaru. Nah bagi yang penasaran ingin mengetahui cara mengatasi hp Xiaomi tidak ada layanan, silahkan simak informasi xiaomidev.com berikut ini.

Apabila sinyal hp Xiaomi hilang maka secara otomatis tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi via SMS maupun Telepon. Kalian hanya bisa menggunakannya untuk berkomunikasi secara online menggunakan WiFi. Masalah ini harus segera di atas agar hp Xiaomi bisa digunakan kembali secara normal.

Untuk mengatasi hp Xiaomi tidak ada layanan sebenarnya sangat mudah, namun tergantung dari penyebabnya. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan hp Xiaomi tidak ada layananan. Kalian harus terlebih dahulu mengetahui penyebabnya sebelum memutuskan bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Penyebab dan Cara Mengatasi Hp Xiaomi Tidak Ada Layanan

Cara Mengatasi Hp Xiaomi Tidak Ada Layanan

1. IMEI Terblokir

Peraturan blokir IMEI untuk smartphone ilegal telah berlaku sejak tahun 2019. Peraturan ini cukup kontroversial, karena akan membuat hp ilegal tidak bisa menggunakan jaringan operator seluler di Indonesia seperti Smartfren, Indosat, XL, Telkomsel, Tri, Axis, dan beragam operator lainnya.

IMEI hp Xiaomi yang terblokir akan secara otomatis tidak bisa mendapatkan sinyal dari operator seluler tanah air sehingga akan muncuk peringatan tidak ada layanan jaringan. Mungkin inilah faktor yang menyebabkan hp anda mengalami masalah tidak ada jaringan.

BACA JUGA :   Cara Cek Kuota Internet Telkomsel Terbaru 2021

Bagi yang menggunakan hp Xiaomi non-resmi dari luar negeri maka harus mendaftarkan nomor IMEI ke Kemenperin melalui Bea Cukai. Apabila IMEI telah terdaftar maka secara otomatis bisa menggunakan semua operator seluler di Indonesia.

Nah untuk mengetahui nomor IMEI terdaftar atau tidak, silahkan buka situs imei.kemenperin.go.id. Kemudian masukan nomor IMEI handphone kalian ke kolom yang tersedia. Setelah itu akan muncul informasi apakah nomor IMEI terdaftar di database Kemenperin atau tidak.

2. SIM Card Tidak Mendukung

Penyebab selanjutnya adalah karena SIM Card tidak mendukung. Biasanya hal ini terjadi pada pengguna kartu Smartfren yang masih menggunakan nomor miliknya pada hp Xiaomi. Apabila nomor yang digunakan masih CDMA maka biasanya tidak akan terbaca oleh beberapa tipe hp Xiaomi.

Untuk mengatasi penyebab hp Xiaomi tidak ada layanan ini adalah harus terlebih dahulu mengganti kartu Smartfren CDMA menjadi GSM. Hal yang sama juga berlaku untuk kartu CDMA lainnya. Sebab tidak semua hp Xiaomi mendukung kartu dengan jaringan CDMA.

Silahkan datang ke gerai Smartfren terdekat untuk mengganti kartu CDMA menjadi GSM 4G. Setelah itu tinggal mencoba, apakah kartu terbaca atau tidak.

3. Settingan Jaringan Salah

Hp Xiaomi tidak ada layanan jaringan juga bisa disebabkan oleh pengaturan jaringan pada handphone yang digunakan. Cara mengatasinya sangat mudah, kalian bisa mencoba mengaktifkan Mode Airplane atau Mode Pesawat. Kemudian tunggu beberapa detik, lalu matikan Mode Pesawat.

Setelah tinggal lihat apakah jaringan sudah muncul apabila belum. Selain itu, kalian juga bisa mencoba mengatur jaringan seluler menjadi pilih manual. Caranya adalah masuk ke menu Setelan, kemudian pilih Kartu SIM & Jaringan Seluler. Setelah itu ubah menu Jaringan Seluler menjadi Pilih Manual.

BACA JUGA :   20+ Cara Melihat Password Wifi di Hp Xiaomi

Apabila belum muncul, kalian bisa mencoba restart. Jika ternyata tetap belum muncul maka mungkin penyebabnya adalah kerusakan pada komponen hardware Xiaomi.

4. IC WTR Rusak

Ada banyak komponen hardware yang tersedia pada hp Xiaomi. Salah satunya adalah IC WTR. Apabila komponen tersebut mengalami kerusakan maka akan menyebabkan tidak ada layanan jaringan pada hp Xiaomi.

Cara mengatasi masalah ini cuma satu, yakni dengan datang ke service center Xiaomi atau teknisi handphone yang sudah berpengalaman mengatasi masalah hp Xiaomi tidak ada layanan jaringan.  Nantinya IC WTR yang rusak harus diganti dengan yang baru.

Biaya yang dibutuhkan tergantung dari jenis handphone yang diservice. Sebab harga IC WTR untuk setiap tipe hp Xiaomi berbeda-beda. Paling tidak kalian harus menyiapkan dana sekitar Rp. 100.000 – Rp. 300.000 untuk membayar jasa service dan penggantian spare-part.

Nah itulah beragam penyebab serta cara mengatasi hp Xiaomi tidak ada layanan. Silahkan kalian mencoba informasi yang kami sampaikan di atas agar smartphone bisa kembali digunakan secara normal. Cukup sekian informasi pada kesempatan kali ini, simak pula artikel sebelumnya mengenai “Cara Melihat Password WiFi Xiaomi” dan beragam informasi seputar hp Xiaomi di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *